Published On: Thu, Apr 28th, 2016

Tips Mengatasi Penyakit Ala Apotik Islami

Otentiknews.com, Jakarta –  Berbagai penyakit fisik, boleh jadi bersumber dari dalam (hati) manusia. Menurut M. Zainuddin, dalam blog pribadinya, bahwa penyakit hati atau  (psychoses) adalah kelainan kepribadian yang ditandai oleh mental dalam (profound-mental), dan gangguan emosional yang mengubah individu normal menjadi tidak mampu mengatur dirinya untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Lebih lanjut dikatakan Zainuddin, bahwa dua istilah yang dapat diidentifikasikan dengan psychoses ini adalah insanity dan dementia. Insanity adalah istilah resmi yang menunjukkan bahwa seseorang itu kacau akibat dari tindakannya. Pada saat lain istilah demensia digunakan untuk kebanyakan kelainan mental, tetapi secara umum kini diinterpretasikan sebagai sinonim dengan kekacauan mental (mental disorder) yang menyolok. Sebab mereka sering melakukan tingkah laku yang semaunya sendiri. Pendapat tersebut, menurut akademisi dari UIN Malang ini, dapat ditelusuri dalam karya James D. Page, tentang Abnormal Psychology: Clinical Approach to Deviant. 

Dikatakan Zainuddin, bahwa pendapat lainnya mengenai penyakit hati, diajukan oleh Profesor Zakiah Darajat, yang mengungkapkan bahwa seseorang yang diserang penyakit hati kepribadiannya terganggu dan selanjutnya menyebabkan kurang mampu menyesuaikan diri dengan wajar dan tidak sanggup memahami problemanya. Seringkali orang yang sakit hati tidak merasa  bahwa dirinya sakit, sebaliknya ia menganggap dirinya normal, bahkan lebih baik, lebih unggul, dan lebih penting dari yang lain.

Zainuddin kemudian berkesimpulan, bahwa dalam konteks keagaamaan (Islam), terdapat setidaknya empat jenis penyakit hati yang menonjol, yaitu: riya’, marah, membanggakan diri, iri hati dan dengki. Beberapa sifat tercela tadi, ada relevansinya jika dianggap sebagai penyakit hati, sebab dalam kesehatan mental (mental hygiene) sifat-sifat tersebut merupakan indikasi dari penyakit kejiwaan manusia (psychoses). Jadi pada penderitanya sakit jiwa salah satunya ditandai oleh sifat-sifat buruk tersebut.

Untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tersebut diperlukan, langkah dan terapi khusus. Diantaranya dengan mengenali penyakit itu sendiri terlebih dahulu, lalu lakukan penyebuhannya dengan cara berikut, seperti dilansir oleh sejumlah sumber:

  1. Sering sakit = Silahkan puasa
  2. Wajah gelap = Sholat tahajud
  3. Hati sempit = Baca Al Qur’an
  4. Susah bahagia = Sholat tepat waktu
  5. Emosi melulu = Wudhu dan Istigfar
  6. Gelisah = Banyak doa.
  7. Tertekan = Baca “lahaula walaquwwata illa billah”
  8. Kurang berkah rezekinya = Bahagiakan orang tua
  9. Miskin melulu = Bersedekah. (ah)

 

 

Share This
Tags

About the Author

-

Komentar di bawah

XHTML: Anda dapat menggunakan tag html: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>