Published On: Tue, Dec 13th, 2016

Inilah 10 Makanan Pembersih Hati

Otentiknews.com, Jakarta – Salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi menyaring racun, adalah hati. Namun fungsi ini bisa terganggu akibat dampak polusi atau gaya hidup tak sehat.  Demikian berita yang dilansir situs dw (16/7/2015). Informasi yang dikutip dari berbagai sumber tersebut, menyebutkan 10 jenis makanan dan minuman yang berkhasiat membersihkan hati dan menunjang fungsinya, diantaranya:

Wortel

Wortel mengandung pro-vitamin A dalam bentuk beta karoten dalam kadar tinggi. Makan wortel bagus untuk menjaga kesehatan hati karena tubuh akan mengubah provitamin A menjadi vitamin A. Minum jus wortel bagus untuk membersihkan hati. Tapi jangan berlebihan karena beta karoten juga bisa memicu keracunan hati.

Bit

Mengandung fitonutrien yang disebut betanin yang terbukti memiliki efek melindungi kesehatan hati. Disarankan mengolahnya secara seksama khususnya pada saat memasak untuk mencegah jangan sampai unsur aktif yang berkhasiat rusak karena salah pengolahan.

Teh Hijau

Mengandung unsur katekin yang berfungsi sebagai antioksidan. Konsumsi minuman teh hijau dalam porsi rasional setiap hari terbukti mampu memelihara keseimbangan fungsi hati.

Sayuran Hijau

Kol atau brokoli mengandung unsur isotiosianat yang ampuh memerangi penyakit kronis seperti sirosis hati. Sayuran hijau juga mengandung unsur yodium yang penting bagi kesehatan kelenjar getah bening yang berfungsi memicu sistem kekebalan tubuh untuk memerangi penyakit.

Bawang Putih

Selama ribuan tahun bawang putih sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan yang ampuh menyembuhkan beragam penyakit. Bawang putih memiliki efek membersihkan darah, bermanfaat bagi sistem pernafasan dan kini juga terindikasi memiliki efek melindungi hati.

Alpukat

Riset ilmiah di Jepang membuktikan potensi alpukat dalam memblokir radang hati dan menekan risiko keracunan hati pada tikus percobaan. Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan konsumsi alpukat dikombinasikan dengan makanan yang mengandung beta karoten membantu hati menyerap unsur provitamin A dan mengubahnya menjadi vitamin A.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi mencegah pembentukan trigliserid di dalam hati. Dengan konsumsi minyak zaitun bisa dihindari risiko timbunan lemak dalam hati yang akan mengganggu fungsinya. Juga disarankan kurangi konsumsi lemak serta minuman ringan berkadar gula tinggi.

Kurkuma alias Kunyit

Mengandung unsur kurkumin dalam kadar tinggi yang berkhasiat antioksidan. Unsur ini juga berfungsi mereduksi peradangan pada hati yang bisa memicu berbagai penyakit kronis lainnya.

Bayam

Mengandung unsur betaine yang merupakan komponen nutrisi penting yang menguntungkan fungsi hati. Betaine juga terbukti bisa mencagah munculnya beragam penyakit kronis.

Jus Jeruk Sitrun

Jus jeruk sitrun atau lemon sudah terkenal sejak dulu memiliki efek membersihkan hati. Jus sitrun juga punya khasiat membersihkan saluran pencernaan dari racun yang membahayakan fungsi hati.

sumber foto: dw

 

Share This
Tags

About the Author

-

Komentar di bawah

XHTML: Anda dapat menggunakan tag html: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>