Published On: Thu, May 19th, 2016

HMI DEPOK Laporkan Wakil Ketua KPK Ke Polisi

Otentiknews.com, Jakarta – Setelah sebelumnya sempat ditolak oleh Polres Kota Depok, akhirnya Jumat sore (13/5/2016) Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Depok berhasil melaporkan salah satu pimpinan KPK, Saut Situmorang atas tuduhan penghinaan. Demikian rilis yang diterima redaksi

Kasus penghinaan yang dilakukan Saut Situmorang, berawal dari ucapannya dalam acara talk show di salah satu stasiun televisi nasional, yang dianggap telah mendeskreditkan HMI se-Nusantara.  Dalam acara tersebut, Saut Situmorang mengatakan “orang yang baik di negara ini, mas jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Liat aja itu tokoh-tokoh politik itu orang-orang pinter semuanya. Orang-orang itu orang-orang cerdas. Saya selalu bilang kalau di HMI minimal dia ikut LK 1. Iya kan, lulus itu, pintar. Tapi begitu menjadi menjabat dia jadi jahat, curang, greedy (serakah)”.

Pernyataan tersebut menurut Ketua Umum HMI Cabang Depok, Ahmad Maulana, sangat merugikan HMI,  karena LK I pada dasarnya adalah pelatihan untuk merekrut anggota HMI, lebih jelas menurutnya LK I HMI jelas menciptakan kader-kader HMI yang memiliki jiwa nasionalis dan religius hal ini terbukti karena selama hampir 70 tahun HMI telah memberikan sumbangsih untuk negeri.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa awalnya HMI Cabang Depok tidak ingin mempermasalahkan masalah ini, akan tetapi hingga sampai 7 hari setelah pernyataan Saut Situmorang tersebut, yang bersangkutan tidak terlihat memiliki iktikad baik untuk meminta maaf secara tulus dan ikhlas Kepada HMI,  yang ada malah Saut Situmorang seakan berlindung dibalik nama besar institusi. Hal ini jelas terlihat Ketika kemarin, Fahmi Idris, Dewan Penasihat KAHMI ingin menemuinya di KPK, tetapi tidak dapat ditemui karena tidak ada ditempat.

Sementara itu, Gibraltar, kuasa hukum dari R.H.G.S Attorneys at Law yang sengaja ditunjuk HMI Depok untuk menangani masalah ini, menjelaskan bahwa tuduhan  tendensius Saut Situmorang kepada HMI yang disiarkan dipublik, sudah memenuhi unsur-unsur yang terdapat dalam pasal 310 ayat 1 KUHP tentang pelanggaran ketentuan pidana penghinaan dan apa yang dikatakan Saut Situmorang sudah mengarah pada pembunuhan karakter HMI sebagai organisasi pengkaderan.

Selain itu, menurut Muttaqin, Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Pemuda HMI Depok, yang turut mendampingi pelaporan tersebut, menyatakan bahwa HMI Cabang Depok dengan potensi akademis yang dimiliki jelas dirugikan oleh ucapan Saut Situmorang, maka walaupun nantinya Saut meminta maaf, pihak HMI Depok tetap menjalankan proses hukum yang akan berjalan di Polres Depok kedepannya. (fiah)

 

Share This
Tags

About the Author

-

Komentar di bawah

XHTML: Anda dapat menggunakan tag html: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>